KAKANWIL KEMENAG: GURU PAI ADA DI DUA ALAM

Manado, Senin, 28 September 2020

Guru Pendidikan Agama Islam sebenarnya memiliki peran strategis dalam mewujudkan moderasi beragama di lingkungan sekolah. Hal ini disampaikan Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd ketika menerima kunjungan pengurus Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAII) SULUT di ruang Kantor Kementerian Agama Prov. Sulawesi Utara. “Moderasi beragama ini perlu disampaikan secara hati-hati agar tidak salah dalam memahaminya. Penguatan-penguatan yang dilakukan oleh pengurus AGPAII, melaporkan mampu melaporkan aqidah dan mempertinggi soliditas guru PAI agar mereka menyadari tentang peran strategisnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat undang-undang. Apalagi tanggungjawab guru PAI ada di “dua alam” atau dua instansi, yaitu pemerintah daerah dan kementerian agama. Lanjut Kakanwil yang baru diserahterimakan pekan lalu dari pejabat yang lama.


Usai memperkenalkan personel AGPAII yang hadir pada kesempatan itu, Supriadi selaku Ketua DPW Sulawesi Utara menyampaikan kondisi riil guru PAI di Sulawesi Utara yang masih sangat jauh dibanding daerah lain. Karenanya perlu upaya upaya yang serius dalam melakukan pendampingan terhadap guru PAI agar mampu mengejar ketertinggalan dengan daerah lain di Indonesia. “Sekaranglah saatnya kita maju bersama mengejar ketertinggalan, agar bisa sejajar dengan daerah lainnya. AGPAII Insya Allah menjadi wadah terbaik bagi guru PAI untuk mengembangkan kompetensi dan wawasan keprofesiannya melalui program-program pengembangan dan jalinan kerjasama dengan berbagai pihak demi kemajuan guru PAI ”ungkap guru PAI SMA Negeri 1 Manado yang diiyakan sekretaris AGPAII, Bakri, M.Pd. SAYA.
Kabid Pendis Nasri Sakamole, M.Si yang memoderatori audiensi tersebut, juga menguatkan kemajuan tentang persiapan 55 orang guru PAI dari Kabupaten / Kota yang akan mengikuti PPG pada tahun 2021, yang disampaikan Kasi PAI Mustari Masloman. Hadir pula pada kesempatan itu, penasehat AGPAII Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd. dan Sulaiman Mappiase, Ph.D.

Sumber Berita DPW

Kontributor : Supriadi, M.Pd.I

Leave a Reply

Your email address will not be published.

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia