AGPAII Minta Kejelasan Mekanisme Pendaftaran PPPK untuk Guru Agama

Ilustrasi guru mengajar di luar kelas (Destyan Sujarwoko / Antara)

JawaPos.com  – Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) menyambut baik adanya 27. 303 kuota guru agama dalam rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Tetapi menurut Ketua Umum AGPAII Mahnan Marbawi angka tersebut masih belum sebanding dengan jumlah guru PAI honorer di seluruh Indonesia yang mencapai 120 Ribu orang.

Mahnan mengatakan mereka tidak hanya menarik-narik soal kuota tersebut. Tetapi juga terkait perekrutan. ‘Selanjutnya yang kami minta adalah publikasi pendaftaran rekrutmen PPPK untuk guru PAI,’ ‘katanya Jumat (26/3). Dia menjelaskan di lapangan saat ini banyak guru PAI atau agama lain yang bertanya-tanya tentang pendaftaran.

Diantara yang masih mengganjal adalah belum terbukanya akses guru-guru agama, termasuk agama Islam, di dalam sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan (SIMPKB) Kemendikbud. Sehingga para guru PAI dan agama lainnya bingung untuk memulai pendaftarannya dari mana. Kondisi ini berbeda dengan guru mata pelajaran lain yang sudah masuk ke sistem milik Kemendikbud.

Dia berharap dalam waktu dekat guru-guru agama sudah bisa mengakses SIMPKB Kemendikbud itu. Supaya mereka bisa dengan mudah untuk pendaftaran guru PPPK.

Selain itu Mahnan juga menyebutkan masa kerja para guru agama bisa mendapatkan apresiasi sendiri. Khususnya bagi para guru agama yang sudah mengajar lebih dari sepuluh tahun. ” Kami berharap ada semacam diskresi atau keringanan khusus, ” kata dia.

Sementara itu Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) Nizar mengatakan bahwa mereka mendapatkan alokasi guru madrasah dalam rekrutmen PPPK sebanyak 9.495 orang. Selain itu Kemenag juga peduli 27.303 guru agama honorer di sekolah negeri untuk bisa ikut rekrutmen PPPK 2021.

Usulan 27 ribu guru itu berasal dari sekolah negeri yang ada di 393 daerah. Perinciannya adalah 22.927 guru pendidikan agama Islam (PAI), 2.727 orang guru agama Kristen, 1.207 guru agama Katolik, 403 guru agama Hindu, dan 39 orang guru agama Buddha. ” Pendaftaran rencana Mei-Juni. Dan Rencana Seleksi Agustus 2021, ” katanya.

Sumber berita: https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/26/03/2021/agpaii-minta-kejelasan-mekanisme-pendaftaran-pppk-untuk-guru-agama/

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia