AUDIENSI DPW AGPAII DENGAN KAKANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI GORONTALO

Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama isam (DPW AGPAII) Provinsi Gorontalo melakukan Audiensi dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo DR. Syafrudin Baderung, M.Pd. pada Hari Selasa, Tanggal 9 Februari 2021 di Ruang Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, terkait tentang Rencana kegiatan “Pelatihan Gerakan Nasional Ayo Menulis Buku Bagi Guru PAI Nusantara”. Pengurus DPW AGPAII yang hadir pada Audiensi ini yaitu DR. Sri Utami Bay, M.Pd. (Ketua DPW AGPAII), Sutarjo Paputungan, M.Pd.I Wakil Ketua DPW AGPAII), Irwan Usa Mahmud, M.Pd.I. (Wakil Sekretrais DPW AGPAII), dan Selviyanti Ramsi Toma, M.Pd.I (Bendahara DPW AGPAII).

Pada Audiensi ini Ketua DPW AGPAII  menyampaikan rencana kegiatan Pelatihan Gerakan Nasional Ayo Menulis Buku Bagi Guru PAI Nusantara Insya Allah dilaksanakan pada Bulan Maret 2021 dengan memohon kesediaan Kakanwil untuk membuka kegiatan dimaksud. Disamping itu Sri Utami Bay juga menyampaikan bahwa DPW AGPAII Provinsi Gorontalo telah bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Gorontalo pada kegiatan Pelatihan Microsoft Office 365 sejak tahun 2020. Terkait rencana Pengurus DPW AGPAII melaksanakan Pelatihan Gerakan Nasional Ayo Menulis Buku Bagi Guru PAI Nusantara, DR. Syafrudin Baderung, M.Pd.  sangat mengapresiasi dan mendukung serta mengucapkan terima kasih atas inisitif terhadap kegiatan yang sangat bermanfaat, khususnya untuk Guru PAI Se Indonesia. Syafrudin Baderung juga menyampaikan jika pada pelatihan ini membutuhkan fasilitas Zoom yang kapasitas tak terbatas, maka pihak Kementerian Agama Provinsi Gorontalo siap meminjamkan fasilitas Zoom tersebut.

Pada pertemuan ini juga Wakil Sekretaris DPW AGPAII Provinsi Gorontalo Irwan Usa Mahmud, M.Pd.I melaporkan kepada Kakanwil tentang kegiatan-kegiatan Nasional yang telah diikuti oleh DPW AGPAII Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Pusat AGPAII yaitu pada tanggal 4 – 7 Desember 2020 kegiatan TOT Instruktur Nasional (IN) AGPAII Digital, dengan peserta sebanyak 6 orang yaitu Dr.Sri Utami Bay, S.Ag, M.Pd., Sutarjo Paputungan, M.Pd.I., Irwan Usa Mahmud, S.Ag. M.Pd.I., Muh Mahfudin, M.Pd.I., Bambang Rianto,M.Pd.I., dan Selviyanti Ransi Toma, M.Pd.I., dan Alhamdulillah semua peserta TOT ini Lulus dengan Titel ada yang jadi Instruktur Nasional, dan Instruktur Provinsi AGPAII Digital. Dan kewajiban dari Alumni Peserta TOT ini adalah mendesiminasikan atau mensosialisasikan AGPAII Digital di Daerah masing-masing, dan hal ini telah dilakukan oleh TIM AGPAII Digital Gorontalo pada bulan Januari 2021. Kemudian DPW AGPAII juga telah mengikutkan peserta Pelatihan Nasional Jurnalistik pada tanggal 6 – 10 Februari 2021 dengan peserta 7 orang, yaitu Sutarjo Paputungan, M.Pd.I., Bambang Rianto,M.Pd.I., Irwan Usa Mahmud, S.Ag. M.Pd.I., Gusran Ismail, Dr.Sri Utami Bay, S.Ag, M.Pd., Selviyanti Ransi Toma, M.Pd.I., dan Ningsih Batalipu, S.Ag. Saat ini peserta lagi menyelesaikan tugas-tugas Jurnalistik dan menunggu penilaian tanggal 11 – 13 Februari 2021 dari Panitia serta menunggu Pengumuman Hasil dari Pelatihan Nasional Jurnalistik.

Pada kesempatan ini pula Wakil Ketua DPW AGPAII Provinsi Gorontalo Sutarjo Paputungan, M.Pd.I menyampaikan juga kepada Kakanwil tentang persiapan  Pelatihan Gerakan Nasional Ayo Menulis Buku Bagi Guru PAI Nusantara, yang sementara dimaksimalkan yaitu berkoordinasi dengan semua pihak terkait kegiatan ini.

Diakhir pertemuan DPW AGPAII Provinsi Gorontalo sempat berfoto bersama dengan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. (Irwan Usa Mahmud)

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia