DPD AGPAII KAB. BOGOR LAKSANAKAN WEBINAR PENULISAN KARYA ILMIAH

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi profesional Guru PAI, DPD AGPAII Kab. Bogor mengadakan Webinar Workshop Penulisan Karya Ilmiah melalui Zoom Meeting (Kamis, 15 Oktober 2020).

Acara yang langsung dimotori oleh DPD AGPAI tersebut, diikuti oleh 89 orang GPAI. Peserta yang berasal dari kab. Bogor dan sekitarnya ini mengikuti webinar dengan antusias.

Kepala Seksi PAIS Kemenag Kabupaten Bogor H. Romdon, S.Ag, MH. dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan ini.

“Kegiatan ini akan meningkatkan profesionalitas guru terutama kemampuan menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya,” demikian tandas Romdon.

Lebih luas lagi beliau memaparkan, bahwa menurut Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, pekerjaan sebagai guru, dosen, dan guru bBesar atau professor merupakan pekerjaan profesi (profesional). Profesional adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan.  Memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Peserta mengikuti webinar melalui Zoom meeting (dok)

Pada sesi pertama Workshop, disampaikan materi tentang “Tips Menulis Mudah” oleh Dr. Muslih, M.Pd. guru PAI SMAN 1 Rumpin, yang juga seorang penulis. Dalam pengantar materinya, Muslih memotivasi seluruh peserta agar jangan pernah menunda untuk jadi penulis. Bukan semata-semata untuk mengejar angka kredit dalam kenaikan pangkat, khususnya bagi yang ASN, tetapi yang utama adalah sebagai upaya mengoptimalkan manfaat ilmu yang dimiliki, dan sekaligus untuk mewariskan ilmu dan gagasan besar hidupnya kepada generasi setelahnya.

“Menulis, selain sebagai jalan dakwah, juga sebagai skill yang harus selalu diasah,” demikian tegas Muslih.

Pada sesi kedua Rahmi Ifada, M.Pd.I., tampil membawakan materi Strategi Penulisan Karya Tulis Imiah. Narsum yang juga guru PAI SMAN 1 Cigombong ini menyampaikan langkah-langkah penyusunan karya ilmiah hingga mempublikasikannya.

***

#karyatulisilmiah

#dpdagpaikabupatenbogor

Kontributor : Rahmi Ifada, M.Pd.I

Ed. : Al Fayed

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia