DPD AGPAII KABUPATEN TANGGAMUS SELENGGARAKAN BIMTEK PRE TEST PPG

Tanggamus_Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (DPD AGPAII) Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pre Test Pendidikan Profesi Guru (PPG). Kegiatan bertempat di Aula SMK Negeri 1 Talang Padang, Kabupaten Tanggamus. Kegiatan Bimtek ini diikuti 76 guru PAI yang telah mendapat panggilan mengikuti uji Pree Test PPG pada akun Siaga Kementerian Agama, Selasa (26/04/22).

Dikatakan oleh Aspawati, S.Pd.I, Sekretaris DPD Agpaii Tanggamus, “Bimtek Pre Test PPG hari ini diikuti 76 guru PAI yang telah mendapat panggilan di akun Siaga. Peserta Bimtek selain dari GPAI se-Kabupaten Tanggamus juga diikuti beberapa GPAI dari Kabupaten Pringsewu.” Kemudian tujuan kegiatan Bimtek sebagaimana dijelaskan oleh ketua DPD Agpaii Kabupaten Tanggamus Azebtina, M.Pd.I, diselenggarakan oleh DPD Agpaii Tanggamus untuk memfasilitasi GPAI yang akan mengikuti Pre Test PPG belajar bersama dan memperoleh pembekalan teknis mengenai pelaksanaan Pre Test PPG Tahun 2022 di bulan Mei yang akan datang. “AGPAII yang merupakan organisasi Profesi Guru Pendidikan Agama Islam berperan aktif dalam memacu dan memotivasi  guru PAI untuk terus belajar, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pendidik sehingga keahlian mengajar tidak dapat diragukan lagi. Dengan Ikhtiar yang maksimal, memantaskan diri untuk mendapatkan penghargaan dengan sungguh-sungguh, semoga apa yang diharapkan semua Guru PAI yang mengikuti Pretest PPG dapat Lulus dengan hasil yang baik” Sambungnya.

Kegiatan Bimtek Pre Test PPG dihadiri oleh Kasi Papki Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, Dr. H. Mahmuddin Aris Rayusman, M.Pd.1, sekaligus menjadi Narasumber Materi tentang Kebijakan Kementerian Agama RI tentang Pretest PPG GPAI 2022. “Nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. Dalam konteks itu diperlukan guru-guru yang berfungsi sebagai pendidik profesional yang disiapkan, ditugasi, dan dibina juga secara profesional . Untuk itu maka program Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan harus disiapkan dengan baik untuk memastikan terpenuhinya standar mutu pendidikan nasional.” Guru yang telah mendapatkan Sertifikat Sertifikasi selanjutnya berhak mendapatkan tunjangan kesejahteraan sesuai Undang-Undang, imbuhnya.

Peserta mengikuti kegiatan (dok)

Kasi PAPKI Kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus, Muhamad Hasan Basri, S.Ag., M.Pd. dalam penjelasan bimtek mengingatkan para Guru PAI yang sudah menjadi calon peserta pre-test agar aktif memantau akun aplikasi Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) masing-masing, mengingat segala informasi terkait PPG akan disampaikan lewat aplikasi pada fitur  Pre-test. Termasuk juga pencetakan kartu peserta yang sudah dapat dicetak mulai tanggal 30 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022.

Dalam Bimtek ini peserta diajak membedah kisi-kisi dan mengerjakan soal-soal pre test tahun lalu bersama narasumber GPAI yang telah berpengalaman dan lulus mengikuti pre test PPG, yaitu Jamastuti, S.Pd.I, membahas tentang Kisi-kisi Soal Pretest PPG 2022 dan Riduan, M.Pd.I beserta Listian Utama, S.Pd.I menyiapkan Latihan Soal-soal Pre Test dan Post Tes.

Antusias peserta terlihat dari kedatangan mereka sejak pagi dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tanggamus bahkan dari Kabupaten tetangga, Pringsewu. Antusias ini didorong oleh keinginan peserta untuk mendapat gambaran soal-soal Pre Test PPG dan belajar bersama sesama rekan GPAI. Sebagaimana disampaikan oleh Sulhan, salah satu peserta, “Dengan mengikuti kegiatan Bimtek Pre Test PPG yang diadakan oleh Agpaii Tanggamus kami memperoleh gambaran kisi-kisi dan pembahasan soal-soal pre test sehingga menjadi bekal kami mengikuti pre test PPG nanti, alhamdulillah kami juga tadi sudah simulasi soal melalui quiziz.”

Kegiatan Bimtek ini diakhiri pukul 14.30 Wib dan akan dilanjutkan secara virtual melalui google meet.[]

Kontributor : Hayesti Maulida (DPW Agpaii Lampung)

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia