DPD AGPAII PACITAN BERGERAK GELAR WORKSHOP AGPAII DIGITAL

DPD AGPAII Pacitan menyelenggarakan Workshop Pemanfaatan AGPAII DIGITAL Dalam Pembelajaran dan Penilaian Jarak Jauh, pada hari Selasa dan  Rabu, tanggal 12-13 Januari 2021, secara virtual melalui zoom meeting. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan yang diwakili oleh Yuni Susi Hartati, M.Pd.  Hadir pula  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, yang diwakili oleh Ramelan, M,SI KASI  PAIS, sekaligus membuka acara workshop. Kegiatan workshop dihadiri oleh guru Pendidikan Agama Islam di semua jenjang berjumlah 343 orang dari 12 kecamatan. Hal ini sesuai yang disampaikan oleh ketua panitia, Ediyanto, M.Pd.I., M.H.I., dalam sambutanya. “Kegiatan workshop ini dihadiri oleh 343 orang guru pendidikan Agama Islam dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan SMK”, tuturnya. 

Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan memberikan apresiasi dalam kegiatan ini, sebagai solusi atas kondisi yang terjadi. Kondisi covid 19 menjadikan pelaksanaan pelayanan   proses pembelajaran mengalami perubahan. Dari yang biasa menjadi tidak biasa, tatap muka bertemu langsung di dalam kelas, menjadi daring atau dalam jaringan. Hal itu berpengaruh juga dalam perubahan menyusun perencanaan, penilaian, dan evaluasi pembelajaran. “Masa pandemi menuntut semua mampu menguasai IT, baik yang muda maupun yang tua tidak boleh gaptek”, tutur Yuni Susi dalam sambutannya. Pembelajaran jarak jauh menuntut guru menggunakan IT, untuk itu guru harus belajar, sehingga mampu memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa dengan baik.

Kasi PAIS memberikan sambutan sekaligus pengarahan kepada seluruh guru Agama.  Semua guru agama harus bisa menjadi tuan rumah di masing-masing sekolahnya Kegiatan keagamaan diharapkan yang menjadi leading  sector adalah guru agama, yang  bertanggung jawab penuh terhadap  pelayanan pendidikan agama Islam. Guru agama diharapkan terus meningkatkan kompetensi, sebagai upaya meningkatkan pendidikan agama di sekolah. “Kita harus bersyukur diberikan kesempatan untuk belajar pemanfaatan AGPAII DIGITAL dalam proses pembelajaran dan penilaian jarak jauh”, kata Ramelan, M.S.I dalam sambutannya. 

Nara sumber dalam kegiatan ini dari DPW AGPAII Jawa Timur, yaitu Moh. Ghozali, S.Ag., memberikan materi Penguatan AGPAII Sebagai Organisasi Profesi. Mohammad Soleh, M. Pd, memberikan materi tentang Cara Mendaftar dan Pengenalan Fitur-Fitur KTA AGPAII Digital dan Penyusunan RPP 3 Komponen Menggunakan Aplikasi RPP Digital. Asroji, M. Pd.I menyampaikan materi Penyusunan Modul Pembelajaran Dengan Aplikasi Modul Digital dan Pembuatan Soal Online Dengan Aplikasi Penilaian Digital. Ulfatul Hasanah, S.Ag, M. Pd mengisi materi tentang Share Media Pembelajaran, Modul, dan Soal-Soal Online Pada Aplikasi SISWA PAI. 

Pelaksanaan kegiatan workshop dilakukan  selama 2 hari, di luar jam efektif, yaitu pukul 13.00 sampai 16.30 sehingga tidak mengganggu jam mengajar guru-guru PAI. Hal ini disampaikan oleh ketua, “Pelaksanaan workshop AGPAII Digital tidak akan menggunakan jam efektif, agar semua dapat berjalan dengan lancar tidak meninggalkan tugas mengajar”, tutur Ediyanto ketua DPD AGPAII PAcitan. Kegiatan berjalan dengan lancar, seluruh peserta mengikuti dengan antusias terbukti dari jumlah partisipan yang masih terus bertahan sampai acara selesai. 

DPAI AGPAII Pacitan mengharapkan, optimalisasi pemanfaatan AGPAII Digital dalam proses pembelajaran dan penilaian jarak jauh sebagai salah satu solusi kepada guru agama agar tetap dapat memberikan pelayanan pendidikan yang selangkah lebih maju dan trend baru dalam mengatasi kesulitan pengelolaan pembelajaran jarak jauh. KTA AGPAII Digital diharapkan mampu menjembatani komunikasi guru agama se-Indonesia, begitu juga dengan RPP, Penilaian, Modul AGPAII, serta Siswa AGPAII mampu menjadi media dalam penguatan pendidikan agama Islam. (Endang)

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia