DPW AGPAII BANTEN GELAR TOT PEMANFAATAN APLIKASI AGPAII DIGITAL

Serang_Dewan Pengurus Wilayah AGPAII Provinsi Banten melaksanakan Training Of Trainer Instruktur Provinsi (ToT IP) Aplikasi AGPAII Digital pada Rabu-Sabtu (26-28/02/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti 429 guru PAI berbagai tingkatan dari seluruh kab/kota di Banten.

Dalam sambutannya, Ketua DPW Mustahdi, menyatakan bahwa peserta ToT saat ini akan menjadi narasumber pada ToT yang akan dilaksanakan setiap DPD.

“Guru PAI harus menjadi yang terdepan sebagai guru penggerak dalam rangka mengembangkan diri dan menularkan pengetahuan dan keterampilan kepada teman-teman guru PAI,” demikian tegas Mustahdi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketum DPP, Mahnan Marbawi dan Kabid Pakis Kemenag Provinsi Banten Encep Syafrudin Muhyi.

Mahnan memberikan apresiasi kepada DPW AGPAII Banten yang telah memberikan kontribusi dalam pembinaan guru PAI terlebih dimasa pandemic.

“Ini akan berdampak kepada dunia pendidikan khususnya kepada guru-guru PAI. Kompetensi  profesionalisme dan pedagogiknya akan meningkat sehingga mutu pendidikan semakin berkualitas dan guru PAI menjadi terdepan dalam penggunaan teknologi,” demikian ungkapnya.

Kabid Pakis Kemenag Banten saat membuka acara (dok)

Setali tiga uang dengan Ketum, Kabid Pakis juga menyampaikan penghargaannya terhadap kegiatan ini.

“Saya mengapreasiasi DPW AGPAII Banten yang telah ikut serta membina guru-guru PAI di wilayah Banten untuk meningkatkan kompetensinya,” demikian ungkap Encep dalam sambutannya saat membuka acara.

Iapun berpesan kepada guru PAI di Banten untuk terus meningkatkan mutu pembelajaran, melakukan refleksi, memperbaiki praktek pembelajaran secara terus menerus melalui inovasi sejalan dengan spirit nilai-nilai Islam, dinamika dan kemajuan pengetahuan dan teknologi.

Menurut ketua panitia Budi Mulia, kegiatan ini bertujuan agar guru-guru PAI mampu mengakses KTA AGPAII Digital, RPP, siswa, paham cara menilai siswa dengan aplikasi dan juga yang tak kalah pentingnya guru PAI mampu membuat flyer.

Selama 4 hari peserta mendapat materi pemanfaatan 5 aplikasi AGPAII Digital yakni KTA, RPP, Modul, Penilaian  dan Siswa Digital. Selain itu peserta juga mendapat materi editing video dan membuat flyer. Materi editing video diperlukan untuk pembuatan tutorial sedangkan materi flyer diperlukan agar mereka mampu mengemas promosi kegiatan dengan flyer yang menarik.

Materi-materi tersebut disajikan oleh IN dari Banten yaitu Jaimuddin, Cayim, Tajudin, dan Sayuti. Mereka adalah alumni ToT Nasional yang telah dilaksanakan DPP, Desember silam.

Fatmawati salah satu peserta ToT mengapresiasi aplikasi AGPAII DIgital.

“Aplikasi ini komplit untuk kepentingan guru-guru PAI dalam pembelajaran, lebih mudah dan saya dukung hal-hal semacam ini,” ungkap Pengurus DPD Kota Serang ini saat diminta pendapatnya. (say)

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia