DPW AGPAII Gorontalo Selenggarakan Pelatihan Menulis

GORONTALO_Dewan Pengurus Wilayah AGPAII Provinsi Gorontalo melaksanakan pelatihan menulis buku dengan tema Gerakan Nasional Ayo Nulis Buku Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Nusantara. Kegiatan dibuka pada 03 Maret 2021 dan akan dilaksanakan secara bertahap pada tanggal 6, 10 dan 13 Maret 2021.

Pelatihan daring ini dibuka Kakakanwil Kemenang Provinsi Gorontalo, Syafrudin Baderung. Pada kesempatan ini Baderung mengingatkan agar guru PAI tidak hanya mengandalkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual dalam melaksanakan tugas. Mengingat kebutuhan jaman, guru menambah satu kecerdasan lagi, yakni kecerdasan digital.

Pada era ini peran guru berubah dari penyampai pengetahuan menjadi fasilitator, motivator, inspirator, mentor. Peran yang lain adalah sebagai pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta team work, dan empati sosial. Jika tidak, maka peran guru akan digantikan oleh teknologi.

“Penguasaan teknologi pembelajaran akan membuat guru lebih percaya diri dan lebih mudah dalam melakukan pembelajaran kepada sehingga mampu mengubah ruang kelas nyata menjadi ruang belajar maya yang kreatif, inovatif dan menyenangkan,” tutur Baderung.

Sementara dalam laporannya, Ketua DPW AGPAII Provinsi Gorontalo, Sri Utami Bay, menyampaikan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama DPW AGPAII Provinsi Gorontalo dengan Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo, dan Penerbit Pustaka Mahameru, Klik Media. Kegiatan yang akan berlangsung empat hari ini dilanjutkan dengan pembimbingan oleh narasumber sampai 31 Maret 2021.

Host sedang memandu pelatihan daring (dok)

“Adapun keluaran pelatihan agar setiap peserta dapat menerbitkan hasil karya dandapat diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Mahameru, Klik Media. Selanjutnya akan dilakukan launching buku yang sudah terbit secara nasional pada tanggal 25 November 2021 bertepatan dengan Hari Guru Nasional,” demikian dikatakan Sri Utami.

Peserta pelatihan yang terdaftar sebanyak 245 orang. Sebanyak 168 peserta mengikuti via Zoom Meeting selebihnya hadir melalui siaran langsung Youtube DPW AGPAII Provinsi Gorontalo sebanyak 27 peserta. Sehingga secara keseluruhan yang ikut sampai materi berakhir tidak kurang dari 195 peserta.

Narasumber yang dihadirkan terdiri dari Dr. Suwari, M.Pd, dengan Materi Pengantar Penerbit Buku, yang dipandu host Sutarjo Paputungan. Adapun materi yang kedua dipaparkan oleh Dr. Trianto, M.Pd, Materi Mudah Menerbitkan Buku Ber-ISBN, di pandu oleh host Irwan U. Mahmud.

Kegiatan hari kedua akan berlangsung Sabtu 6 Maret 2021 dengan menghadirkan narasumber dari Penerbit Mahameru, Klik Media. (Sutarjo Paputungan)

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia