INI TAHAPAN DAN TRIK MENGHADAPI TES PPPK 2021

JAKARTA_Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dilaksanakan dalam 2 tahap. Dilansir dari www.datadikdasmen.com diperoleh informasi bahwa tahap pelaksanaan tes atau seleksi PPPK sebagai berikut :

  1. Tahap Pra Seleksi

Tahap ini meliputi Penyampaian Informasi, dilaksanakan di bulan Maret 2021 dan Pendaftaran pada bulan Mei sampai Juni 2021.

2. Tahap Seleksi

Tahap seleksi terdiri dari Seleksi Tahap 1 pada bulan Agustus 2021, Seleksi Tahap 2 pada bulan Oktober 2021 dan Seleksi Tahap 3 pada bulan Desember 2021.

Untuk membantu para guru mengikuti seleksi pemerintah sudah menyiapkan modul. Modul Pembelajaran Mandiri Guru Kemendikbud bagi guru-guru mata pelajaran umum modul dapat diakses melalui link :

https://www.datadikdasmen.com/2021/03/modul-pppk-guru-kemdikbud.html

Bagaimana dengan materi belajar mandiri guru agama?

Ini triknya.

Modul khusus untuk guru agama hingga saat ini belum ada informasi yang jelas. Namun demikian modul-modul pada link tersebut tetap dapat dijadikan acuan untuk belajar mandiri. Materi-materi kompetensi umum tentunya berlaku untuk semua mata pelajaran, sedangkan materi khusus keagamaan dapat diatasi dengan belajar mandiri melalui berbagai sumber.

Kesimpulan :

Untuk guru agama siapkan diri dengan :

  1. Mengaktifkan pendataan di Dapodik, Simpkb, Emis dan Siaga. Ikuti pelatihan onlinenya  silakan mendaftar di https://forms.gle/hnz1cmwpMYsve2Sk7
  2. Ketua FKG PAI TK, KKG PAI SD, MGMP PAI SMP menghubungi admin Dinas Pendidikan kab/kota dan Ketua MGMP PAI SMA/SMK menghubungi admin Dinas Pendidikan provinsi untuk membuat komunitas PAI di Dapodik dan Simpkb. Selanjutnya membuka kedua aplikasi ini untuk kepentingan rekrutmen PPPK bagi guru PAI honorer,
  3. Memperhatikan jadwal pelaksanaan seleksi PPPK,
  4. Membuat timeline persiapan mulai dari pengaktifan pendataan sampai pada pelaksanaan tes, sebaiknya membuat kelompok belajar dengan teman-teman,
  5. Mengunduh dan mempelajari modul materi kompetensi umum pada link tersebut di atas,
  6. Mencari soal-soal latihan ujian PNS ataupun latihan soal PPPK dan mempelajarinya,
  7. Terus mendekatkan diri kepada Allah agar maksud dan tujuan tercapai,
  8. Semoga Kemenag atau AGPAII menyiapkan Modul Belajar Mandiri materi agama Islam.

Demikian, semoga dengan usaha yang maksimal dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Berusaha diawal, tawakkal kemudian, berhasil kita dapatkan. (aar)

#saveguruagama

#guruagamamasukpppk

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia