Kabar Baik, Kemenag Tetapkan 27.303 Formasi Guru Agama di Seleksi PPPK

                Ilustrasi ASN dan PPPK. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id –  Kabar gembira akhirnya diperoleh setelah setelah Kementerian Agama (Kemenag) rapat dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hasilnya formasi untuk posisi Guru Agama berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) disiapkan sebanyak 27.303 kuota. “Alhamdulillah, dari semula tidak ada, akhirnya ada kebijakan untuk mengalokasikan kuota sebanyak itu. Meski ini tentu belum mengakomodasi semua kebutuhan,” ujar Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama (Kemenag) Rohmat Mulyana, Jumat (19/3/2021).

Rohmat menyatakan, Kemenag masih ingin mengupayakan mendapatkan kuota lebih banyak untuk formasi ini. “Ke depan, Kemenag juga akan terus memperjuangkan agar bisa mendapat kuota PPPK untuk formasi guru agama dalam seleksi-seleksi selanjutnya,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti meminta alokasi guru agama tidak diberikan dari sisa formasi guru di bawah Kemendikbud.

Karena pada kenyataan di lapangan, guru agama banyak yang kurang. Sehingga banyak guru agama honor yang mengajar lebih dari jam mengajar,” katanya, Jumat. La Nyalla Mattalitti juga meminta pemerintah daerah untuk lebih wajar mengalokasikan formasi guru agama sesuai dengan kondisi lapangan.

“Pemerintah daerah harus turut menciptakan keseimbangan alokasi serta memenuhi ketercukupan guru agama,” katanya.

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu juga berharap agar semua guru diberikan rasa adil terkait dengan lowongan dan formasi guru ini.

“Daerah dan Kemenag jangan lagi menutup keran informasi apa yang terjadi di lapangan. Ketersediaan guru agama sangat penting dalam pendidikan kita. Apalagi pendidikan agama merupakan mata pelajaran wajib di setiap jenjang satuan pendidikan,” katanya.

sumber link:https://sulut.inews.id/berita/kabar-baik-kemenag-tetapkan-27303-formasi-guru-agama-di-seleksi-pppk/2

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia