KEMENAG FASILITASI PEMBENTUKAN AGPAII MANADO

Pengurus AGPAI SULUT pose bersama Kakan Kemenag Manado.

MANADO — Kepala kantor Kementerian Agama Kota Manado memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pelaku pendidikan di Manado, khususnya pada jajaran pendidikan Islam.

Hal tersebut disampaikan mengawali temu wicara bersama Pengurus DPW Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Sulawesi Utara menyusul suksesnya Seminar Nasional dan Pelantikan Pengurus FKG, KKG dan MGMP PAI SMP yang dimotori para guru PAI pekan lalu.

Menurut Irwan Musa, guru PAI dimanapun berada harus menjadi teladan bagi semua, baik siswa maupun teman sejawat. Guru PAI harus mampu menampilkan cara beragama yang tidak radikal dan liberal.

“Kementerian Agama sedang menggalakkan diklat moderasi beragama bagi guru yang imbasnya nanti akan menghasilkan generasi yang moderat dalam beragama,” lanjutnya.

Pengurus DPW AGPAII Sulawesi Utara yang diketuai Supriadi juga mengapresiasi Kemenag Kota Manado yang menyambut positif pembentukan DPD AGPAII Kota Manado.

AGPAII sebagai rumah besar bagi semua guru PAI perlu terus berkembang dengan berbagai program yang mampu meningkatkan wawasan dan pemahaman guru PAI. Karenanya AGPAII perlu hadir di setiap daerah di Sulawesi Utara.

“Insya Allah, kami akan ke Kabupaten/Kota lainnya di Sulut untuk pembentukan DPD AGPAII.” Ungkap alumni Pesantren PKP ini.

Sementara itu, Sekretaris AGPAII Bakri memaparkan beberapa regulasi yang memperkuat hadirnya organisasi profesi ini.

“Kemenag dan Dikbud memiliki garis konsultatif dan komunikatif dengan AGPAII, karenanya sinergitas ini harus terus dirawat demi keberlangsungan organisasi.” Jelas Bakri yang diaminkan Sumarni Musa dan Sahrati Arasy.Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Kakankemenag Kota Manado tampak hangat dalam suasana kekeluargaan. Kasi Pendis H. Usran Mantow  yang memfasilitasi acara tersebut menyatakan siap membantu AGPAII demi pengembangan guru PAI ke depan.

“Usai terbentuk AGPAII Manado nanti, insya Allah guru PAI di Manado akan semakin berwawasan” ungkap Usran yang menjadi arsitek kesuksesan kegiatan PAI.

Sumber: https://www.manadoinside.com/2020/11/kemenag-fasilitasi-pembentukan-agpaii.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia