“Melepas Rindu, Menyambut Cinta” “LEPAS SAMBUT PENGAWAS PAI DAN BP KECAMATAN CIRACAS TAHUN 2021

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciracas yakni Abdul Latif secara resmi membuka Acara Lepas Sambut Pengawas Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Rabu (06/10/2021) di Pondok Kemangi Bogor, Jawa Barat.  Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah kalangan. Mulai dari Kasatlak Dinas Pendidikan Dasar, Para Pengawas Umum juga para sesepuh Guru PAI yang sudah menjadi tokoh dilingkungan masing-masing.

Miswan yang merupakan Ketua DPD AGPAII Kota Jakarta Timur sangat mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut. baginya hal tersebut merupakan sebuah terobosan baru dimana untuk membesarkan sebuah organsisasi harus menggunakan banyak pendekatan yang salah satunya adalah melalui pendekatan struktural kedinasan.  AGPAII adalah rumah besar kita siapa yang akan membesarkan kalau bukan GPAI sendiri, marilah kita satukan visi dan misi untuk membantu saudara kita  GPAI khususnya yang belum masuk PPPK kita berharap besar tahap ke II GPAI bisa mengikuti tes  PPPK,  kehadiran organisasi AGPAII khususnya tingkat DPC sampai DPP harus mengedepankan  kepedulian terhadap nasib GPAI di seluruh Indonesia. Marilah satukan barusan kuat kebersamaan, AGPAII Maju GPAI sejahtera.

Untuk menghangatkan suasana panitia yang diketuai oleh Kunandar menampilkan video selayang pandang AGPAII Kecamatan Ciracas. Dilanjutkan dengan pemutaran Video tentang perjalanan Pengawas Purna Bakti Siti Widayati. Para tamu undangan dan peserta menyimak dengan sangat syahdu acara tersebut ketika salah seorang kader AGPAII membacakan narasi puisi.

Sebagai informasi semua Guru PAI dari jenjang TK – SMA Kec. Ciracas yang tergabung dalam komunitas KKG PAI SD, MGMP PAI & BP SMP, SMA, SMK dan sederajat berada dalam satu kepengawasan Pendidikan Agama Islam. Supaya memudahkan koordinasi berbagai komunitas tersebut dari TK-SMA sederajat maka dibutuhkan yang namanya organisasi. Di Ciracas sendiri sudah ada organisasi yang disebut dengan AGPAII (Asosiasi Guru PAI Indonesia) Kecamatan Ciracas.

Ketua DPC AGPAII Kecamtan Ciracas Muhamad Yusuf mengkonsolidasikan kader-kader dibawah untuk bersama-sama menghadirkan sebuah kegiatan  yang diberi tema “Melepas Rindu, Menyambut Cinta” “LEPAS SAMBUT PENGAWAS PAI DAN BP KECAMATAN CIRACAS TAHUN 2021”.

Seiring berjalannya waktu pada maka bulan Juni ibu Siti  telah memasuki masa purna tugas sebagai gantinya pada bulan berikutnya  adalah ibu Ummu yang akan menjadi pengawas definitif Guru PAI Kecamatan Ciracas. Sebagai bentuk ta’ziem dan apresiasi kepada bunda siti atas bimbingan dan motivasi nya yang selama ini sudah dirasakan oleh menjadi binaannya maka perlu kiranya diselenggarakan sebuah acara pelepasan atau lepas sambut dari pengawas lama ke pengawas baru.

Acara Ini Diselenggarakan pada tanggal 06 Oktober 2021, di Pondok Kemangi, Jl. Alternatif Cibubur

(+- 100 dari Perempatan Cikeas) Bogor, Jawa Barat. Acara Dimulai Pukul 13.00 dan berakhir  pada  pukul 15.00

Adapaun maksud dan tujuan diselenggarakan acara ini adalah menjadikan AGPAII (Asosiasi Guru PAI Indonesia) sebagai rumah besar Guru PAI Jenjang SD – SMA di Kecamatan Ciracas dan menjadikan acara Lepas Sambut Pengawas PAI dan BP sebagai media silaturahim bagi Komunitas KKG PAI, MGM SMP DAN MGMP SMA Kecamatan Ciracas

Adapun tujuannya adalah melepas bunda Siti Widayati, M. Pd. I  dengan rindu yang sangat  mendalam atas pengadiannya dan dedikasinya serta menyambut pengawas baru yaiut bunda Dra. Ummu Fitrah dengan cinta serta Menumbuhkan semangat kekeluargaan sesama Guru PAI di kecamatan ciracas.

Sementara itu untuk  peserta  yang hadir secara keseluruhan jumlahnya ada 103 orang, yang terdiri dari para tamu undangan, guru PAI purna tugas dan guru aktif yang mengajar di ciracas yang berasal dari komunitas guru TK- SD, SMP hingga SMA. Sesuai dengan pendaftaran yang dtutup pada tanggal 22 September 2021. Mengingat kebijakan PPKM yang masih berlaku untuk peserta dibatasi.

Berbagai komunitas yang ada dikecamatan ciracas yakni Guru pai TK, SD, SMP dan SMA yang tergabung dalam wadah organisasi AGPAII Kecamatan Ciracas menjadi panitia pelaksana pada acara tersebut.

Mereka sangat antusias mengikut kegiatan tersebut, karena kegiatan ini khususnya ditingkat kecamatan adalah kegiatan perdana dibawah  AGPAII (Asosiasi Guru PAI Indonesia) tingkat Kecamatan Ciracas.

Berharap besar menurut Miswan sebagai ketua DPD Jakarta timur, menguatkan agar  setiap DPC, DPD dan DPW, untuk  bisa membangun rumah AGPAII lebih besar lagi,  dengan saling berkoordinasi dengan stakeholder  yang dapat meningkatkan  SDM GPAI, baik dari segi ekonomi, kemampuan skill GPAI berbasis digital maupun dari  Nasib GPAI agar lebih sejahtera lagi. Dan berusaha dengan saling berkoordinas dengan pihak terkait agar GPAI bisa mengekut tes  PPPK, ini adalah target utama kita.

oleh : one/yp

Dokumentasi:

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia