MGMP PAI SMP Sumatera Utara Luncurkan Jurnal Ilmiah Dirasatuna

Medan_Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP  Provinsi Sumatera Utara hari ini meluncurkan Jurnal Ilmiah, Jumat (31/12). Peluncuran Jurnal Ilmiah yang diberi nama Dirasatuna ini bertempat di Hotel Saka Medan dan dihadiri oleh Kasubdit PAI SMP/SMPLB Kemenag RI, Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Wakil Rektor I IAIN Padangsidimpuan sekaligus Tim Ahli Jurnal Dirasatuna, Dekan FTIK UIN Sumatera Utara Medan, Pengurus MGMP PAI Kab/Kota dan perwakilan Guru PAI di Sumut.

Dalam sambutannya Kakanwil yang diwakili Kabid PAKIS menyampaikan agar guru-guru PAI terus mengembangkan profesionalitasnya, termasuk kemampuan menulis.

Menindaklanjuti saran Kakanwil, Dr. Mardiyanto menyampaikan dalam orasi ilmiahnya, bahwa untuk meningkatkan kemampuan menulis, guru dapat mengawalinya dari menulis tentang diri sendiri.  Dekan FTIK UIN Sumut ini juga  berharap agar pengelola jurnal terus meningkatkan kualitas Jurnal Dirasatuna agar lebih bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan.

Pengelola Jurnal beserta Kakanwil dan Dekan FITK UIN Sumut (dok)

Hadir secara daring, Kasubdit PAI SMP/SMPLB H. Agus Sholeh, M.Ed. yang mewakili Direktur PAI, menyatakan rasa syukurnya atas terbitnya Jurnal Ilmiah Dirasatuna.

“Hal ini  merupakan bukti bahwa guru PAI Sumut kreatif dan produktif dalam menulis karya ilmiah apalagi karya yang berbasis PTK,” demikian tegas Agus. Jurnal ini juga merupakan suatu media untuk mencari solusi atas masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi.

Diakhir sambutannya, Agus mengatakan bahwa Direktorat PAI akan terus membimbing dan memfasilitasi selama tiga tahun ke depan.

“Hendaknya Kakanwil, Kabid dan Para Kasi juga menyiapkan pelatihan, workshop maupun seminar untuk memacu Guru PAI lebih produktif meneliti dan menulis,” pungkas Agus.

Peluncuran jurnal dilakukan oleh Kabid PAKIS Muksin Batubara yang disambut meriah oleh seluruh peserta yang hadir secara luring dan daring. Diakhir acara Ketua MGMP PAI SMP Provinsi Sumatera Utara Achmad Rizal Pahlevi sekaligus Penanggungjawab Jurnal Ilmiah Dirasatuna dan Mulkeis, MA., Ketua Tim Redaksi menyerahkan masing-masing 1 exemplar jurnal Dirasatuna kepada Kakanwil, Dekan FITK UINSU dan Sari Putra, S.Ag, M.Kom.I (Pengembang Teknologi Pembelajaran PAI Pada Seksi PAI PAUD). (*)

Kontributor : Siti Roilan Harahap

Pengurus DPW AGPAII Sumut

 

 

 

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia