NICMCR AJAK AGPAII SELENGGARAKAN KONFERENSI INTERNASIONAL

Jakarta_DPP AGPAII  diundang oleh Netherlands-Indonesia Consortium for Muslim-Christian Relations atau NICMCR untuk mendiskusikan rencana konferensi internasional, Rabu (5/01). Hadir dalam diskusi online ini Ketum AGPAII Dr. Mahnan Marbawi, Koordinator Dept. Luar Negeri Dr. Atik Tapipin, Koordinator NICMCR Dr. Ina Ter Avest, officer NICMCR Alper June Beckx dan Ambar Sari Dewi dari Fishum UIN Yogyakarta.

Dalam diskusi ini disepakati bahwa kedua lembaga ini akan mengadakan konferensi internasional yang direncanakan akan dihelat tanggal 26 dan 27 Januari 2022. Topik konferensi adalah pencegahan paham radikal melalui pendidikan agama. Sedangkan narasumber yang akan dihadirkan meliputi AGPAII, NICMR, Jaringan Gusdurian, UIN Yogyakarta, dan beberapa narasumber dari Turki dan Malaysia.

Dikutip dari laman https://nicmcr.org, Netherlands-Indonesia Consortium for Muslim-Christian Relations (NICMCR) adalah sebuah jaringan dialog Muslim-Kristen yang didirikan oleh Universitas Kristen Duta Wacana (Indonesia) dan Kerk di Actie (Belanda) tahun 2010. Berdirinya NICMCR berangkat dari keprihatinan atas meningkatnya ketegangan bahkan konflik berbasis agama di dunia. Dampak ini dirasakan juga baik di Indonesia maupun Belanda yang mulai meningkat sejak awal millenium ketiga.

Jaringan ini membangun hubungan kemitraan melalui penelitian, dialog dan kemitraan antar lembaga pendidikan Muslim dan Kristen di Indonesia dan Belanda. NICMR sangat percaya akan perlunya pembelajaran dan kemitraan internasional untuk mengikis pertentangan yang diakibatkan oleh polarisasi berbasis agama sehingga kedamaian tetap terjaga.

Diketahui, Ina Ter Avest merupakan salah satu pembicara pada Webseries 3 Guru Pelopor Moderasi tanggal 4 September 2021. Saat hadir beliau sebagai peneliti dan mengapresiasi program GPM. (*)

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia