Pacu Pemanfaatan Web, DPP AGPAII Laksanakan Pelatnas Jurnalistik

Di era digital seperti saat ini, website menempati posisi yang sangat strategis yakni menjadi salah satu pusat informasi. Mengapa demikian? Tidak lain karena mesin pencari (search engine) yang menjadi tumpuan masyarakat pada saat mencari informasi akan mengarahkannya ke  website ini. Di sisi lain website juga merupakan etalase sekaligus corong sebuah organisasi. Maka agar dapat menyajikan informasi secara lengkap dan tepat website harus memuat informasi yang bernas.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut DPP AGPAII akan menyelenggarakan “Pelatihan Nasional Jurnalistik”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 10 February 2021 secara daring. Pelatihan berpola 32 jam ini dibagi dalam dua tahap. Tahap tatap muka daring dilaksanakan tanggal 6 – 7 Pebruari, dilanjutkan dengan penyelesaian tugas (tindak lanjut) tanggal 8 – 10 Pebruari 2021.

Pelatihan dimaksudkan sebagai upaya untuk menghasilkan jurnalis terlatih dari kalangan guru PAI. Mereka nantinya menjadi jurnalis yang mampu menulis berita ataupun reportase dan menjadi kontributor dari daerah masing-masing. Demikian dikatakan Miswan selaku ketua panitia.

Seorang jurnalis sedang menyusun berita (Surya-Tribunnews.com)

Pelatihan bertema “Berita Kita Wajah Kita” ini akan diikuti 68 peserta yang berasal dari 34 provinsi. Setiap provinsi/DPW diwakili oleh dua orang utusan. Pendaftaran dibuka tanggal 1 – 4 Pebruari 2021 melalui link khusus dari panitia.

Narasumber yang dihadirkan terdiri dari jurnalis profesional, Depkominfo DPP AGPAII dan Dewan Redaksi Web AGPAII. Mereka akan menyampaikan materi tentang kewargaan digital, dasar-dasar jurnalistik, teknik wawancara dan reportase, teknik penulisan berita dan teknis pengelolaan web.

***

#pelatnasjurnalisagpaii

#webagpaii

#agpaiidigital

By : Opick al Fayed

 

 

 

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia