Peduli Sesama, DPW AGPAII Provinsi Gorontalo Serahkan Bantuan Korban Banjir Bandang

Gorontalo_DPW AGPAII Provinsi Gorontalo menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir bandang. Penyaluran bantuan dilakukan di Desa Datahu Kecamatan Tibawa oleh para pengurus DPW dipimpin oleh ketuanya, Sri Utami Bay, Selasa (09/11).

“Bantuan ini sebagai wujud solidaritas dan mempererat ukhuwah sesama muslim,  semoga bantuan ini dapat meringankan beban yang terdampak musibah,”  tutur  Sri Utami  Bay.

Pengurus DPW segera mengambil langkah cepat dengan mengidentifikasi guru PAI yang terdampak. Akhirnya  terdata sebanyak 17 guru PAI beserta keluarga yang mendapat musibah.

Donasipun dibuka bagi anggota AGPAII untuk membantu sesama guru PAI maupun masyarakat terdampak lainnya. Bantuan yang terkumpul berupa 50 paket makanan siap dikonsumsi, 50 paket sembako, alat kebersihan serta 8 paket pakaian layak pakai. Penyerahan bantuan di lakukan di 10 titik. Sementara akses ke rumah guru PAI masih terhalang genangan dan masih mengungsi. Penyerahan di saksikan langsung oleh  kepala desa setempat.

Pengurus DPW AGPAII Gorontalo menyerahkan bantuan (dok)

Menurut Ulfa Hemu, seorang Guru PAI SDN Kecamatan Tibawa yang terdampak, banjir yang melanda wilayahnya  berlangsung begitu cepat. Sekira pukul 21.30 wita (Selasa, 04/11) warga dikejutkan oleh datangnya banjir bandang. Banjir ini melanda kecamatan Limboto Barat, Isimu, Tibawa, dan sekitarnya. Kebanyakan warga tidak sempat menyelamatkan perabotan dan barang berharga milik mereka. Ketinggian air di dalam rumah ada yang mencapai batas leher orang dewasa cukup menyulitkan warga untuk menyelamatkan diri di tempat yang aman. Mereka kesulitan untuk keluar dari kepungan air di dalam rumah. Sebagian warga terpaksa menghanyutkan diri mengikuti arus air untuk menghindari hantaman sampah dan pepohonan yang ikut terbawa arus.

Musibah ini melanda masyarakat  yang tersebar di 25 desa. Adapun korban banjir sekitar 64. 825 jiwa (Gorontalo Post, 06/11).

Syaiful Hemu, Kepala Desa Datahu Kecamatan Tibawa, mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas solidaritas dan kerjasama Guru PAI lewat organisasi AGPAII. “Semoga keakraban dan rasa kekeluargaan ini terus terpatri dalam keadaan suka maupun duka,” ujarnya.

Sementara itu, Ismet Kaluku, salah seorang penerima bantuan  mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan  AGPAII Provinsi Gorontalo. Ia pun mengaku sangat bersyukur atas kepedulian Guru PAI se Provinsi Gorontalo.

Atas nama Pengurus, Sri Utami Bay juga mengucapkan terimakasih atas peran aktif anggotanya.

“Syukur dan terima kasih, atas sumbangan dan partisipasi seluruh warga AGPAII Provinsi Gorontalo, dan telah mempercayakan penyaluran bantuan tersebut, melalui Pengurus DPW AGPAII Provinsi Gorontalo,” demikian ujarnya.

Melihat masih banyak warga yang sangat membutuhkan bantuan, maka Pengurus akan membuka donasi Peduli AGPAII tahap II. Hal ini diharapkan dapat mengakomodir Guru PAI yang belum sempat berpartisipasi pada donasi tahap I.

Tim solid AGPAII yang mendukung kegiatan ini, Sutarjo Paputungan (Wakil Ketua DPW AGPAII Prov. Gorontalo), Irwan U. Mahmud (Sekertaris DPW AGPAII Prov. Gorontalo), Selviyanti R. Toma (Bendahara DPW AGPAII Prov. Gorontalo), Bambang Ryanto (Tim IT DPW AGPAII Prov. Gorontalo) dan Sugondo Makmur (Kadis Kominfo Kab. Bonebolango). (*)

Kontributor : Sutarjo Paputungan

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia