Tjahjo: Formasi Guru Agama PPPK Tunggu Kemenag

Menpan RB Tjahjo Kumolo. (CNN Indonesia / Daniela Dinda)

Jakarta, CNN Indonesia – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo formasi guru agama pada seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) menunggu Kementerian Agama

Pemerintah sudah setuju. Sekarang bola ada di Kemenag, sudah dialokasikan, “tuturnya dalam video yang dikirim Tjahjo melalui pesan singkat, Kamis (18/3).

Tjahjo menjelaskan alokasi formasi guru agama pada seleksi PPPK yang diberikan dari sisa formasi formasi guru di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia mengatakan Kemendikbud sudah mengalokasikan jumlah formasi guru sesuai kebutuhan daerah. Selanjutnya, Kementerian Agama tinggal mengajukan jumlah kebutuhan dan memberi saran jumlah guru yang tersisa.

“Dari alokasi yang kita tetapkan ada 1 juta. Nah guru itu kan tidak hanya di diknas (Kemendikbud) saja. Termasuk di Kemenag,” ujar Tjahjo.

“Pak menteri diknas (mendikbud) sudah alokasikan. Karena ada yang belum tercukupi, ok dialokasikan ke Kemenag. Jumlahnya berapa nanti kita sinkronkan,” tambah dia.

Diketahui, pemerintah menyediakan ruang rekrutmen guru PPPK hingga 1 juta orang. Namun sampai bulan ini, jumlah informasi yang diajukan pemerintah daerah baru 568.238 orang.

Sementara guru agama menuntut formasi untuk guru agama dibuka dalam seleksi PPPK. Jika sampai bulan ini formasi guru agama belum diumumkan, mereka mengancam akan mogok kerja.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim masuk guru agama masuk seleksi PPPK. Ia mengatakan formasi juga akan dibuka untuk guru seni dan olahraga.

(gaib)

Sumber berita: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210318180615-20-619303/tjahjo-formasi-guru-agama-pppk-tunggu-kemenag

nomortogelku.xyz
Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia