PEMUTAKHIRAN DATA EMIS PONTREN DAN PAI TAHUN 2022.

Jakarta – pemutakhiran data EMIS periode semester genap tahun pelajaran 2021/2022 resmi dibuka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berdasarkan surat edaran nomor B-124/DJ.I/Set.I/PP.00.11/01/2022 tertanggal 17 Januari 2022. Pelaksanaan pemutakhiran data EMIS dimaksud dilaksanakan secara online melalui aplikasi EMIS 4.0 yang dapat diakses melalui link https://emis.kemenag.go.id

Berikut susuan acara pemutakhiran data EMIS periode semester genap adalah:

JADWAL KEGIATAN EMIS 1

Berdasarkan evaluasi pendataan EMIS di periode semester ganjil sebelumnya, terdapat 20,21% atau 17.163 lembaga yang tidak menyelesaikan tahapan pemutakhiran data EMIS hingga pencetakan BAP. Untuk itu diharapkan, agar seluruh lembaga pendidikan Islam (RA, MI, MTs, MA dan MAK) dan juga Pendidikan Agama yang terdapat di sekolah Umum, agar dapat bersungguh-sungguh melaksanakan pemutakhiran data EMIS di periode semester genap ini hingga tahapan pencetakan berita acara sebelum batas waktu yang ditentukan.

Pemutakhiran data EMIS semester genap ini dibuka mulai tanggal 17 Januari 2022 sampai dengan 31 Mei 2022 mendatang. RA/madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran EMIS terancam tidak akan mendapatkan layanan maksimal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam seperti BOS, PIP, bantuan sarpras, NPSN, NISN, AKM, LTMPT, akreditasi dan layanan lainnya yang telah terintegrasi dengan EMIS.

Lembaga yang menemukan permasalahan dalam pelaksanaan pemutakhiran data EMIS ini dapat menghubungi Live Agent Madrasah Digital Care yang diakses melalui aplikasi Whatsapp (chat only) pada nomor 0811-4740-2020.

berdasarkan surat edaran nomor B-124/DJ.I/Set.I/PP.00.11/01/2022 tertanggal 17 Januari 2022. Tentang pelaksanaan pemutakhiran data EMIS secara online melalui aplikasi EMIS 4.0 yang dapat diakses melalui link https://emis.kemenag.go.id, maka Kantor Kementerian Agama DKI Jakarta telah mengadakan kegiatan “PEMUTAHIRAN DATA EMIS DAN PAI” yang telah diselenggarakan pada hari Selasa-Kamis, 17- 19 Mei 2022, yang pertempat di Hotel Swisss Belresidences Kalibata Jakarta, dengan jumlah yang mengikuti acara ini ada 91 orang, berikut adalah surat undangan dan lampirannya:

UNDANGAN PESERTA PEMUTAKHIRAN DATA EMIS PONTREN DAN PAI (2)

Acara pembukaan di mulai pada jam: 15.30 WIB. Sebagai pemandu acara adalah ibu. Hasna Latuconsina, SE, beliau adalah dari Pais Kankemenag Jakarta Pusat, sedangkan ketua panitia adalah ibu. Darra Sidrati, M.Pd.I, beliau saat ini menjadi Kasi Sistem  Informasi,  dibuka dengan pembacaan kalam ilahi  oleh salah satu peserta, dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya. Acara selanjutkanya adalah sambutan sekaligus membuka acara “Pemutakhiran Data Emis Pontren dan PAI oleh Kabid PAKIS Kanwil Agama tingkat Provinsi DKI Jakarta, yaitu Bapak Misbak, M.Pd.I  dalam sambutannya beliau mengatakan:“ Bahwa kita harus mampu menginovasi, dan mengembangkan data, saat ini kita harus segera tuntaskan permasalahan data, bersama pasti kita bisa, kita bereskan data secepatnya, kita saling berkolaborasi, bergandengan tangan demi menyongsong era updating data menuju 4.0, jika sudah selesai dengan updating data maka kedepan dengan data tersebut, kita bisa melakukan banyak hal dari kevalidan data tersebut. “Ujarnya, beliaupun bercerita,”ada seseorang santri yang bisa berbahasa china, dan bisa berkomunikasi dengan orang china, ini namanya inovasi, jadi di pondok pesantren bukan hanya kita ajarkan berbahasa arab, tapi pelajari bahasa Rusia, Inggris dan lain-lain, agar mereka bisa mengembangkan sayapnya (kemampuannya) untuk rohmatal lil ‘alamiin.

Jadi kedepan kita sangat diperlukan updeting secara keseluruhan, bukan hanya data emis, siaga, simpkb tapi juga kemampuan-kemampuan yang lainnya, demi menyongosong era. 4.0. dan pada akhirnya marilah kita memohon kepada Allah agar acara pemutakhiran data emis 2022 ini, dapat berjalan lancar, dengan mengucapkan “Basmalah”..

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi, yang kali ini sebagai Narasumber pertama tentang Kebijakan Kementerian Agama RI tentang Data EMIS Pontren dan PAI oleh Bapak. Aziz Saleh, ST. M.S

Berikut adalah hasil ringkasan isi materi yang telah disampaikan sebagai berikut:  Beliaupun telah menyapa para peserta dengan penuh antusias, sehingga suasana terlihat sersan (serius tapi santai),

Layanana data, terdiri dari:  Guru PAI,  Pengawas PAI, Jumlah Sekolah dan siswa Muslim, yang termasuk pada  Kebijakan perantaan personal PAI adalah:

  1. Distribusi
  2. Peta Kebutuhan
  3. Sertifikasi
  4. Standar Akademik
  5. Pengembangan Pembelajaran
  6. Daftar hadir sebagai salah satu Indikator kinerja

Isi dari Kompen Data

  1. Data Kelembagaan
  2. Data Peserta Didik
  3. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Sumber master data PAI

Data kelembagaan sekolah

Data ini diambil dari pusdatin PDSPK, silahkan dilengkapi pendataanya data Emis,

Data personal terdiri dari: (a) personal PNS kemenag bersumber pada SIMPEG (b)  personal di luar point diambi dari  PUSDATIN.

Sub Komponen Data Kelembagaan

  • Data Identitas (nomor Statistik, Nama , Alamat, Lokasi Gerografis
  • Data Legalias SK Opersional, SK Badan Hukum,  Kurikulum).
  • Data Saptras ( Bangunan, ruangan Listrik, Internet, Buku dll)
  • Data Dukung lainya (Website, email. NWP, Nomor Rekening)

Sub Komponen Data Peserta didik

  • Data Identitas (Nama , Ttl, Jenis kelamin, Nik)
  • Data orangtua (nama, nik, no KK, tempat tinggal)
  • Data aktifitas (kelas, mulia masuk aktifitas)
  • Data Dukung lainya ( kebutuhan khusus, mo. KIP, mo. Pkh dll)

Sub Komponen Pendidikian dan Tenga Kepnedidikan

  • Data Identitas (Nama , TTL, Jenis kelamin, NIK)
  • Data Aktifitas (mengajar)
  • Data Kepegawaian
  • Data Kependidikan
  • Data Dukung lainnya (nama ibu kandung, dll).

Prosedur Pembuatan Akun

Akun Lembaga (PD Potren) di buat oleh akun Kabko, dimana satu akun email dapat di berikan ke beberapa hak akses ke  level Lembaga yang bersangkutan, sementara akun sekolah menggunakan NPSN.

  • Akun kabko dapat dibuat admin kanwil.
  • Akun kanwil di buat oleh admin pusat.

Tipe Pendataan

  1. Data Statis, data mati contoh (nama Lembaga, nama orang)
  2. Data Dinamis, merupakan data dinamis yang berubah setiap saat proses pendataan, seperti (naik kelas, sudah sertifikasi)

Metode Pendataan

Emis berusaha mendudukan sumber data asli pada sumbernya, mengintegrasikan data pola induk asset yang terdiri dari:

  1. Data peserta didik
  2. Data PTK
  3. Data Sapras.

Paradigma pendataan terbagi menjadi 3 bagian:

  1. Invidual: data by name dan address. Entitas data secara rinci.
  2. Relasional: saling berhubungan, Lembaga, santri, guru, PTK
  3. Longitudinal: data yang dikumpulkan di catatan secara secara bergelombang bersiklus.

Semoga tulisan yang sederhana ini dapat di petik hikmahnya,

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia