DENGAN NIAT MEMBAHAGIAKAN IBU DAN ISTRI, GURU PAI INI IKUTI AKSI INDOSIAR 2022

Jakarta_Alamul Huda Meliala, S.Pd., seorang Guru PAI dari Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara terbang ke Jakarta untuk mengikuti ajang Akademi Sahur Indonesia (AKSI) 2022 yang diselenggarakan oleh Indosiar. Sehari-hari Da’i Alhuda, demikian panggilan akrabnya, merupakan guru PAI di SDN 101992 desa Cimahi, Kecamatan Bangun Purba dan MIS Al Washliyah desa Greahan serta penyuluh agama Islam di KUA Kecamatan Bangun Purba, Kab Deli Serdang, Sumut. Sebagai guru PAI, Da’i Alhuda tercatat sebagai anggota AGPAII dengan nomor KTA 1212090002.

Dukung Da’i Alhuda, temukan caranya di akhir berita ini.

Di sela-sela kepadatan acara di Asrama Al AKSI, pria yang lahir di Batu Gingging, 11 Juni 1995 ini berhasil penulis hubungi secara daring, Rabu (06/04/2022). Ia menuturkan bahwa lolos ke ajang Aksi Indonesia 2022 merupakan anugerah besar dalam hidupnya.
“Namun motivasi utamanya untuk membahagiakan mamak (ibu) dan istri saya,” demikian ujarnya sambil berkaca-kaca, menandakan ia mengucapkannya dari hati yang paling dalam.

Berawal dari informasi yang diperoleh seorang temannya, Da’i Alhuda mencoba mengikuti seleksi tahap awal, yakni seleksi berkas dan dinyatakan memenuhi syarat. Selanjutnya pihak Indosiar menghubunginya untuk mengikuti audisi daring melalui Zoom yang diikuti 1200 peserta dari seluruh Indonesia. Lolos audisi daring, alumnus STAIS Lubuk Pakam beserta 23 peserta lainnya ini diundang untuk mengikuti karantina di Asrama Al AKSI Indosiar Jakarta tanggal 24 Maret – Awal Mei 2022. Putra Deli Serdang ini tergabung dalam Kloter Ma’wa.

Selama karantina, 24 peserta yang terdiri dari 17 putra dan 7 putri (1 pasangan kembar, Rena-Reni dari Bandung) mendapat bimbingan berbagai macam kompetensi yang dibutuhkan  seorang da’i hebat. Seperti pelatihan psikologi, public speaking dan materi keagamaan terkait isi ceramah serta beberapa materi lainnya. Beberapa nama besar turut membimbing calon da’i ini seperti Bunda Romi, seorang psikolog UI pemilik nama lengkap Dr. Rose Mini Agoes Salim, dan Hilbram Dunar seorang pembawa acara televisi dan praktisi komunikasi.

Disamping mendapat bimbingan, peserta AKSI juga ditampilkan pada setiap sahur di saluran televisi Indosiar. Selama penampilan mereka akan dinilai dan dikomentari para komentator serta diberikan suara (vote) via SMS oleh pemirsa dan masyarakat umum. Seperti pada penampilan AKSI tahun-tahun sebelumnya, pada setiap penampilan  beberapa peserta tampil secara terjadwal. Di antara peserta yang tampil akan diambil beberapa orang dengan vote SMS tertinggi untuk melaju pada tahap berikutnya. Tahap final akan ditayangkan pada grand final menjelang Idul Fitri 1443. Sampai berita ini diturunkan sudah 4 peserta tereliminasi, mereka dari Bau-bau, Tasikmalaya, NTB dan Yogyakarta.

Menikmati saat santai

Dikutip dari laman www.wikipedia.org, AKSI merupakan ajang realitas dan pencarian bakat yang ditayangkan di Indosiar setiap Sahur selama bulan Ramadhan. AKSI merupakan program acara kombinasi antara reality dan variety show yang bertujuan untuk mencari ustadz dan ustadzah baru yang memiliki karakter unik dalam menyampaikan dakwahnya. Ajang yang dimulai tahun 2013 ini memasuki penyelenggaraan tahun (musim) ketujuh di tahun 2022. AKSI Asia (2017, 2018, 2021). Selama pandemi AKSI diselenggarakan gabungan (2019 dan 2020) dan daring dengan hastage #BerAKSIdiRumahSaja (2020).

Sejumlah da’i kondang tercatat sebagai alumnus AKSI, seperti Ustadz Zaky Mubarok (2013) dan Ustadzah Mumpuni Handayayekti (2014).

*

Da’i Alhuda bukan pendatang baru di bidang ceramah agama. Menurut Ahmad Taufik Nasution, S. Ag, M. Pd. I., Ketua DPD AGPAII Deli Serdang, putra tunggal mamak Nuriani Ritonga ini terjun ke dunia dakwah sejak umur 6 tahun. Hingga saat ini ia aktif di berbagai kegiatan dakwah dan organisasi. Berkat keaktifannya pemuda berkacamata yang sering dipanggil Mula ini sekarang tercatat sebagai Sekjen MUI dan Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Bangun Purba.

Taufik juga menambahkan bahwa sejak menjadi mahasiswanya di STAIS Lubuk Pakam (2016), Mula telah menunjukkan potensinya sebagai da’i. Tutur katanya lembut, sopan dan takzim kepada dosennya.

Peserta di Asrama Al AKSI, Indosiar Jakarta

Dihubungi terpisah, Ketua DPW AGPAII Sumatera Utara Drs. Ali Nurdin, MA. merasa bersyukur dan bangga salah seorang anggota AGPAII bisa bersama dengan peserta lain menjadi peserta Da’i Aksi Indosiar tahun ini.
“Kami bersyukur tadi malam beliau lolos masuk 18 besar. Semoga bisa bertahan hingga final dan lolos sebagai juara sehingga menjadi kebanggaan bagi warga AGPAII di seluruh Indonesia,” ujar Ali Nurdin.

Pada akhir pembicaraan, Da’i Alhuda menitipkan pesan kepada seluruh Guru PAI untuk istikomah mengajar dan mencerdaskan anak bangsa serta lurus pada niat mencari ridha Allah Swt.


Da’i Alhuda saat dihubungi via daring

“Saya bisa sampai tahap ini 70% berkat doa ibu dan 30% dari usaha kita sebagai anak,” ujar suami Sri Rahayu, S.Kom ini.

Da’i Alhuda kini masuk Top 18 dan akan tampil live tanggal 13 April 2022 pukul 02.00 WIB di layar kaca Indosiar.

Sebagai bentuk dukungan kepada sesama warga AGPAII, Pengurus DPP AGPAII dan DPW Sumut menghimbau kepada guru PAI diseluruh Indonesia serta masyarakat umum untuk memberikan dukungan kepada Da’i Alhuda dengan cara…

KIRIM SMS SEBANYAK BANYAKNYA DENGAN CARA Ketik :
AKSI (SPASI) ALHUDA Kirim ke 97288

ATAU

VOTE melalui Aplikasi VIDIO dengan cara :
1.Download Aplikasi Vidio di Playstore atau Appstore
2.Login dengan no hp dan email
3.Pilih Menu Game
4.Pilih Voting
5.Pilih Kloter DARUSSALAM
6.Pilih Nama Peserta
7.Pilih Alhuda Deli Serdang
(cara vote kemungkinan akan berubah di top 18 karena group diacak lagi)

Jangan lupa kunjungi youtube AGPAII Sumut di  https://youtu.be/GCTMu11ITro

Selamat mengikuti AKSI Indosiar 2022. Semoga berhasil membahagiakan mamak dan istri tercinta. Bravo Da’i Alhuda.[]
#aksi2022

#da’ialhuda

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia