DPP AGPAII MENGADAKAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW.

Penulis: Miswan ( ketua DPW AGPAII DKI Jakarta)

Jakarta, 8 Oktober 2022, DPP AGPAII  telah menyelengarkaan kegiatan Maulid Nabi Muhammad Saw, yang dilaksanakan secara online, kegiatan ini baru  pertama kali dilaksanakan sejak ketua Umum DPP AGPAII yaitu bapak Drs. H. Endang Zaenal, M.Pd terpilih melalui Kongres ke IV di Padang, pada tanggal 2 Oktober 2022, untuk periode 2022 – 2027, ini merupakan wujudnyata  gercep, tanggap, walau persiapannya sangat singkat namun  alhamdulillah semua dapat berjalan tertib dan lancar.

Adapun yang susunan acara Maulid Nabi Muhammad Saw  adalah .

  1. Pembukaan MC. Ahmad Budiman, S.Ag.,M.Pd
  2. Pembacaan ayat Suci Alquran, Miswan, M.Kom.,M.Pd
  3. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilnjutkan Mars AGPAII.
  4. Pembacaan Do’a oleh Rimelfi, MM,MA
  5. Laporan Panitia, Drs. H Endang Zaenal, M.Pd
  6. Sambutan Ketua Dewan Pembina, Dr. Mahnan Marbawi MA.
  7. Taushiah Maulid Nabi Muhammad Saw, KH. Bakhtiar Ponorogo Jatim.
  8. Tutup

Drs. H Endang Zaenal, M.Pd selaku panitia kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, dalam sambutanya mengatakan:  “Permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena pengurusan belum rampung, kami  diberi waktu 30 hari untuk menyelesaikannya kedepan, mudah2an sebelum 30 hari kepengurusan DPP AGPAII untuk periode 2022- 2027 sudah rampung. Dan permohonan maaf juga bahwa pelaksanan kegiatan maulid Nabi Muhammad Saw waktunya  sangat cepat, namun dengan kecepatan dan ketangkasan teman-teman dapat berjalan dengan lancar. Semoga menjadi ladang ibadah bagi kita semua,  “Ujar ketua DPP AGPAII yang baru terpilih.

“Kami juga mengucapkan terima yang sebesar-besarnya,  bahwa pelaksanan Kongres AGPAII ke IV bisa berjalan sukses, dengan begitu indah,  dan ucapan terima kasih juga atas berkenannnya KH. Bakhtiar Ponorogo Jatim menjadi penceramah pada malam hari ini secara online.”tambah beliau.

Beliaupun mengatakan “Kita perlu mengadvokasi tentang kualitas Pendidikan atau kompetensi GPAI, karena kedepan kita punya tantangn khusus, apalagi berdasarkan PMA  4 kompetensi bagi guru agama ditambah 2 lagi yaitu: lidership  dan spiritual, dan alhamdulillah dari Direkorat siap bermitra kepada DPP AGPAII, dan kami pengurus DPP AGPAII menyerap keluhan teman-teman sejak selesainya Kongres sampai saat ini, diantanya tentang pembayaran sertifikasi bagi guru-guru non ASN,  hampir di semua tempat belum terbayarkan, begitu pula di Riau,  tentang jumlah nominal  setifikasi ASN PPPK hanya terbayar  sertifikasi sama 1.5 juta. Begitu pula tentang PPG yang belum merata, belum dipanggil sebagai peserta PPG walau sudah lulus tes sudah lama, sedangkan yang baru lulus langsung mengikut PPG,  Dan intinya kami akan mendengarkan semua persoalan  secara berjengjang, baik dari DPC, DPD yang diakomodir disampaikan ke DPW dan DPW bisa langsung ke DPP AGPAII, karena suara DPP bisa lebih luas memiliki advokasi bargening yang kuat dan jadi perhatian pemerintah, marilah kita berjalan dengan  tegak, menata masa depan yang penuh harapan, insya Allah akan jadi kenyataan, agar AGPAII Berjaya dan  Guru Sejahtera. “Kata ketua umum DPP AGPAII dengan penuh semangatnya.

Sedangkan  ketua dewan Pembina Dr. Marbawi, MA. Dalam sambutannya mengatakan;

“Alhamdulillah kita semua bisa bersilaturrohmi walau secara online, ada beberapa poin penting yang akan kami sampaikan :

  1. Semoga kita semua diakui sebagai umatnya Rosulllah Saw, selalu bersholawat kepada beliau dan harapan terbesar berharap mendapatkan  syafa’at di akhirat nanti.
  2. Kita harus mampu meneladani, sedikit yang ada di diri Rosulullah Saw.  Sesuai kapasitas dan kemampuan kita,
  3. Indonesia mengalami  kesedian yang mendalam karena  135 madrasi tsanaiwiyah di jakarta. ,meninggal, , menjadi perhatian indonesia, knp mudah tercurut,  agpaii bagian penting, hanya  pnedidikan kita bisa beradab dan mengadabkan orang lain.  Buriung pipit yang membawa air,  menolong  nabi ibrohim. Marilah kita berdoa semoga orang 2 yang
  4. Melakukan advokasi terhadap persoalan GPAI khususnya para pengurus dari semua jenjang,  mulai dari DPC, DPD, DPW dan DPP
  5. Terima kasih atas kehadirannya,  jika ada kegiatan DPP untuk tetap hadir  baik secara virtual maupun ruling. Informasi elit di jakarta,  barganing position,  10ribu. Semoga pnadangan elit politik  sebagaoi kekutan , kita sudah menunjukan gpai sudah beyong emagination.

Sedangkan  KH. Bakhtiar Ponorogo Jatim. Dalam tausiyahnya telah memberikan pesan yang sangat berharga bagi kita semua, beliau mengatakan: untuk mendapatkan kemulyaan dari Allah Swt, marilah kita marilah kita mengenali potensi diri, kekuatan kita, dan mengenali diri kita, sesuai hadits rosulllah Saw. Berbunyi: man ‘arofa nafsahu faqod ‘arofa robbahu.

Jadi manusia itu memiliki 7  potensi kekuatan, dalam dunia thoriqoh, kekuatan terendah,adalah  (1) kekuatan jasmani (tubuh),  2. akal  (otak kiri)  3. perasaan  (otak kanan)  gomloh (cinta melekat tai kucing rasa coklat), penyakit jahil. 4. alam bawah sadar berada di simpul syarak kita. 5. hati nurani berpusat di jantung 6. Ruh ( didalam jiwa), 7. Allah SWT.”Ujar beliau.

Dengan hidup dalam cahaya,  bawah Nur muhammad adalah mahluk pertama dimuka bumi yang allah ciptakan  dalam rangka menghidupkan cahaya dalam diri kita, olehkarenanya kita budayakan kalimat thoiyibah,  didalam beberapa kalimat tohibah yang kita pikirkan dan kita ucapkan diantaranya kalimat  istigfar, dan perbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw. Ditambah lagi kita seringlah membaca Al-Qur’an, menkaji mentadaburi, melaksanakan sholat,

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia