Emi Tempuh Perjalanan Ratusan KM untuk RTL AGPAII Digital

Setelah dilaksanakannya ToT Aplikasi AGPAII Digital (AAD) para Instruktur Nasional (IN) maupun Instruktur Provinsi (IP) terus bergerak menyebarkan kemanfaatan aplikasi digital tersebut. Salah satunya dilakukan oleh Emi Indra seorang IN dari Provinsi Sulawesi Tengah. Bendahara DPW AGPAII Sulteng ini tuntas mendiseminasikan AAD di Kab. Banggai Kepulauan (Bangkep), Jum’at-Sabtu (19-20/02/2021).

Kegiatan bertajuk “Workshop Peningkatan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Pemanfataan AGPAII Digital” ini diikuti 58 guru PAI jenjang SD, SMP, SMA/SMK Kab. Bangkep. Bertempat di SMPN 1 Tinangkung, Salakan selama 2 hari peserta mendapat materi Aplikasi AGPAII Digital yakni KTA, RPP, Modul, Penilaian, Siswa PAI, Pembuatan Channel Youtube, dan Pembuatan Flayer.

Menurut Ketua Panitia, Yusuf Ahmad, kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan pemanfataan AGPAII Digital.

“Diharapkan guru PAI akan semakin cinta dengan AGPAII yang ¬†dibuktikan dengan semakin banyaknya GPAI yang memiliki KTA AGPAII Digital,” demikian ujar Yusuf.

Workshop ini dihadiri oleh H. Junaidin, Kakankemenag, dan Ariyono Orab, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bangkep.

Peserta yang sebagian besar harus menempuh perjalanan yang jauh ini tampak bersemangat mengikuti workshop. Selama ini mereka baru mengunduh aplikasi melalui PlayStore namun belum faham cara mengoperasikannya. Sehingga workshop ini dirasakan sangat bermanfaat oleh guru PAI di Bangkep.

“Dengan mengikuti workshop ini, saya semakin faham kemanfaatan aplikasi AGPAII. Selama ini saya sudah mendownload aplikasinya tapi saya belum memahami cara penggunaannya. Pokoknya kegiatan ini kereen,” demikian disampaikan Minarsi Galus,¬†guru PAI SDN 1 Salakan.

Pelantikan Pengurus DPD AGPAII Bangkep (dok)

Meskipun harus menempuh perjalanan yang panjang baik narsum maupun peserta merasakan sebagai perjalanan yang penuh berkah.

Dari Palu, Emi harus menempuh perjalanan darat sejauh 607 KM (sekitar 12 jam) untuk sampai di Luwuk. Menuju tempat kegiatan perjalanan dilanjutkan melalui laut selama 4 jam.

“Biasanya ditempuh menggunakan pesawat, namun karena Covid maka penerbangan Palu-Luwuk dihentikan sementara,” ujar Emi. Karena kendala ini maka perjalanan ke Luwuk ditempuh menggunakan kendaraan pribadi bersama suaminya.

Setali tiga uang dengan narsum, perjuangan pesertapun tidak kalah serunya. Salah seorang peserta, Normawati Kepala SMPN 2 Buko Selatan membutuhkan waktu 8 jam dengan kendaraan mobil menuju tempat kegiatan.

Kegiatan diakhiri dengan pelantikan pengurus DPD AGPAII Kab. Bangkep periode 2020-2025 yang diketuai Yusuf Ahmad. Pelantikan dilakukan oleh Emi Indra atas nama Ketua DPW GPAII Provinsi Sulawesi Tengah. (emiindra/aar)

Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia